Target audiens adalah target sasaran yang ditujukan kepada calon pembeli atau disebut calon konsumen.
Apa alasan nya para pemilik brand dalam dunia bisnis selalu melakukan riset pasar ?
Karena mereka para pemilik brand ingin memposisikan dirinya dan menciptakan daya tarik tersendiri yaitu untuk calon konsumen yang relevan dengan produk atau jasa yang mereka jual.
Apa itu relevan ?
Relevan adalah kesesuaian dengan minat konsumen, contoh nya adalah, jika anda menjual produk susu bayi, siapakah target utama yang dituju ? Jawabanya adalah orang tua, tidak mungkin bayi karena bayi belum bisa berfikir lebih kuat dan belum bisa tersugesti oleh pesan iklan. Contoh lain Siapakah target audiens dari produk kecantikan ? Jawabanya adalah wanita mulai dari remaja, dewasa, Ibu - Ibu. anda tinggal memilih dan memposisikan brand anda mau dipakai oleh siapakah brand anda ?.
Siapa saja yang menjadi target audiens, dan bagaimana cara merumuskan nya ?
Berdasarkan gender
1. Pria ?
2. Wanita ?
Segmentasi nya lebih kemana ?
1 Anak anak ?
2. Remaja ?
3. Dewasa ?
4. Lanjut Usia ?
Segmentassi umur nya lebih kemana ?
1. 1 sampai 5 tahun ?
2. 6 sampai 10 tahun ?
3. 12 sampai 17 tahun ?
4. 19 sampai 22 tahun ?
5. 30 sampai 40 tahun ?
6. 50 sampai 80 tahun ?
Berdasarkan Kewarganegaraan
1. Indonesia ?
2. Malaysia ?
3. Singapura ?
4. Thailand ?
5. Bangkok ?
Berdasarkan penghasilan Ekonomi
1. Golongan menengah kebawah ?
2. Golongan menengah ke atas ?
Berdasarkan Hobi dan aktifitas serta komunitas
1. Musik ?
2. Film ?
3. pembisnis ?
4. Petualang ?
Berdasarkan Pekerjaan
1. Karyawan
2. Pelajar
3. Wirausaha
4. Pengajar.
Anda bisa menentukanya sendiri. Semoga artikel ini menginspirasi anda. Terimakasih
Keyword :
soal segmentasi pasar
pertanyaan tentang segmentasi pasar
pertanyaan tentang segmentasi targeting positioning
contoh pertanyaan tentang materi segmentasi pasar
pertanyaan tentang pasar monopoli
pertanyaan mengidentifikasi segmen dan target pasar
pertanyaan tentang kepuasan pelanggan
pertanyaan tentang strategi pemasaran
0 komentar:
Post a Comment